Kamis, 13 September 2012

Menata Ruang di Bawah Tangga

Meski tidak terlalu luas, jika Anda cermat dan mampu menatanya dengan baik, mampu menghadirkan kesan tersendiri bagi pemiliknya.


 















Ruang di bawah tangga, seringkali membuat kita bingung dalam memanfaatkannya. Mau dibuat apa ya? Serba tanggung dan cukup sulit menatanya. Padahal sebenarnya ruang di bawah tangga bisa difungsikan dengan baik.
Meski tidak terlalu luas, jika Anda cermat dan mampu menatanya dengan baik, ruang di bawah tangga terkadang menghadirkan kesan tersendiri bagi pemilikmnya. Terlebih untuk rumah ukuran kecil ,pemanfaatan ruang bawah tangga pastinya bisa Anda lakukan.

Menurut Rudy Dewanto dari the architect and journalist, ruang bawah tangga sebenarnya adalah ruang negatif atau ruang yang memang tidak ada fungsinya. Tetapi bisa difungsikan jika memang memungkin untuk difungsikan. Tetapi memang harus dipahami ruang bawah tangga biasanya tidaklah terlalu luas dan terjadi karena kemiringan tangga sehingga ada ruang sisa dibawahnya.

Katanya pula, celah di sebuah rumah tentu cukup banyak. Apalagi di rumah-rumah bertipe kecil seperti yang kerap dikembangkan oleh developer, beberapa sudut sempit kadang tidak diperhatikan. Celah-celah itu lantas dipakai sebagai penyimpanan barang bekas. Berdebu, tak terawat, dan merusak pemandangan.


Ruang bawah tangga bisa dimanfaatkan sebagai: 

Gudang Sangat mungkin karena gudang bukanlah tempat yang membutuhkan ukuran spesifik asalakan dapat untuk menyimpan barang, maka ruang bawah tangga bias dimanfaatkan untuk fungsi ini.

Kamar mandi Bisa dimanfaatkan untuk fungsi ini asalkan ketinggian dari lantai ke plafonnya  minimal dua meter.

Dapur Jika ruang tangga posisinya didekat dapur maka ruang dibawah tangga dapat digunakan untuk perluasan ruang dapur asalkan tidak untuk ruang kompor. Karena suhu tinggi yang dikeluarkan  oleh kompor  dapat menganggu kenyamaan saat melintasi tangga.

Ruang kerja Dijadikan sebagai tempat kerja, juga terasa nyaman dan lebih bebas berkreasi karena bisa dibuat meja lengkap dengan lemari bukunya.



Taman kering  Sebagai pemanis ruangan, taman kering dapat ditempatkan diarea ini dengan menambahkan batu koral , bunga kering dan elemen taman lainnya.
Rak buku dan lemari Dengan mengukur dimensi ruang bawah tangga yang tepat, kita bisa meminta tukang kayu untuk membuat rak buku atau lemari aksesoris yang sesuai ukuran.

Pemanfaatan ruang di bawah tangga sudah semestinya menjadi perhatian khususnya bagi kita yang memiliki keterbatasan ruangan di dalam rumah. Dengan begitu, ruangan kosong di bawah tangga rumah anda tidak hanya memiliki fungsi ruang semata, namun juga berperan sebagai pendukung estetika interior.

Bagaimana, Anda ingin mencobanya? Selamat berkreatifitas.


www.tnol.co.id



Rumah Kalbu Populer: